Home » » Manusia Dan Agamanya

Manusia Dan Agamanya

Unknown | 9:32:00 PM | 0 komentar


Para ahli Bahasa menyimpulkan bahwa agama adalah kata yang paling sulit didefinisikan. Tetapi bila dilihat secara istilah agama ditemukan ada banyak pengertian dari para ahli pemikiran keagamaan. Meskipun banyak pengertian dari agama, tetapi pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan. Pertama bahwa agama adalah kepercayaan atau keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kedua adanya hubungan antara manusia dengan Tuhan dalam bentuk ritual, kultus atau permohonan (do’a). Ketiga adalah adanya aturan-aturan yang diyakini bahwa aturan tersebut berasal dari Tuhan.
Dan di dalam dunia ini pula ada berbagai cara manusia mengamalkan ajaran dari agama mereka. Pertama adalah dengan cara mistisisme melalui cara ini para pengikutnya lebih menekankan pengamalan batiniah dari ajaran agama yang mengabaikan  pengamalan formal, struktural dan lahiriah. Kedua yaitu cara penalaran atau pikiran, cara ini lebih menekankan pada aspek  rasionalitas dari ajaran agama. Para pengguna cara ini lebih jauh beranggapan beragama tidak selamanya mnerima begitu saja ajaran yang diberikan oleh pemimpin agama. Kelompok ini lebih menyenangi adanya intrepretasi yang bebas dalam menafsirkan teks. Ketiga adalah cara amal shaleh cara inilebih menekankan pada pelaksanaan amal sholeh karena indicatur dikatakan beragama adalah dari amalan lahir itu sendiri. Keempat adalah cara sinkretisme cara ini dilalakukan dengan memilih beberapa ajaran dari beberapa agama untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Kenapa manusia beriman dan beragama? Karena dalam diri manusia telah muncul adanya fitrah manusia untuk bergama. Karena pada dasarnya manusi Manusia sejak dilairkan sudah mempunyai fitrah dan kecenderungan untuk beragama yang didasarkan pada perasaan dan kesadaranya. Lebih dikenal dengan homo religious.
Ada dua teori yang dikemukakan oleh para ahli dalam hubunganya dengan kecenderungan manusia dalam beragama yang sudah merupakan natur bagi manusia. Teori pertama menyebutkan bahwa agama berasal dari Tuhan Pencipta yang diturukan kepada manusia pertama (Adam) sekaligus nabi pertama. Yang kedua bahwa agama berasal dari proses evolusi filsafat dan sosial budaya.
Bentuk – bentuk dari agama berdasarkan dari asal usulnya ada dua kategori yaitu: Pertama agama kebudayaan yaitu terbentuk dari adat istiadat. Dan yang kedua adalah agama yang diwahyukan dari Tuhan kepada utusan-Nya  melaui malaikat-Nya.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan sob, awali dengan do'a :)

 
Support : Creating Website | JohnyTemplate | Mas Template
Copyright © 2011. Muhammad A. K. A - All Rights Reserved