Home » » Manusia Dan Takdir

Manusia Dan Takdir

Unknown | 9:40:00 PM | 0 komentar


Takdir adalah ketentuan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga manusia harus menerima apa adanya terhadap keputusan dirinya yang telah ditakdirkan Tuhan.
Ada tiga takdir, pertama yaitu takdir yang berhubungan dengan fenomena alam alam fisika. Respon waktu relatif pendek sehingga efek mudah diketahui manusia, misal obat-obatan yang bekerja pada tubuh kita adanya takdir ini membuat manusia pemikiran manusia berkembang terhadap ilmu pengetahuan. Kedua yaitu takdir yang berhubungan dengan hukum sosial (sunnatullah), takdir yang seperti ini dapat dipelajari dari pengalaman generasi sebelumnya. Ketiga yaitu  takdir dalam hukum kepasatian Tuhan yang berlaku lebih
jauh setelah manusia masuk ke alam akhirat, takdir ini hanya dapat kita imani karena belum bisa kita buktikan. Manusia sendiri dapat membuat takdirnya sendiri, dengan artian bahwa perilaku yang kita perbuat akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan usahanya. Ikhtiar adalah salah satu contoh untuk berusaha mewujudkan hal-hal yang diinginkan, selain dengan ikhtiarharus pula diimbangi dengan do’a agar lebih sempurna, usaha yang tanpa diimbangi dengan do’a maka akan sama saja, begit juga sebaliknya.
Kita hrus beriman kepada takdir, karena dengan beriman kita dapat mempunyai dorongan untuk mengadakan penelitian terhadap benda alam dan hukum Allah, dengan demikian akan mendapat pengetahuan baru, dan dapat jugamendorong manusia untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah dan berusaha agar kehidupan di dunia dan akhirat menjadi baik, tentu sesuai dengan aturan yang telah diberikan Allah SWT. Takdir juga dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT yang memiliki kekuasaan, dan kehendak yang mutlak atas manusia. Dan juga dapat mendatangkan ketenangan jiwa.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan sob, awali dengan do'a :)

 
Support : Creating Website | JohnyTemplate | Mas Template
Copyright © 2011. Muhammad A. K. A - All Rights Reserved