Home » » Membumikan Akhlak Islam

Membumikan Akhlak Islam

Unknown | 9:38:00 PM | 0 komentar


Sebagai sebuah ilmu, akhlak mencari arti dari kebaikan, kebenaran, keikhlasan, kejujuran dan keadaan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan akhlak yang tertanam dalam jiwa maka perbuatan baik akan dengan sendirinya akan dilakukan tanpa pertimbangan terlebih dahulu, namun ada baiknya kita juga mempertimbangkan perbuatan yang akan dilakukan, akan kita lakukan atau kita tinggalkan. Ilmu akhlak sendiri merupakan segala maacam ilmu yang berkaitan dengan akhlak, dengan begitu jangkauan ilmu akhalk lebih luas. Etika dan Moral adalah ilmu yang berhubungan dengan kegiatan yang biasa dilakukan dalam kehidupan. Atau lebih tepatnya etika adalah tatanan perilaku yang berdasar suatu peraturan di masyarakat itu.
Akhlak juga berhubungan dengan ilmu-ilmu lainya karena ilmu akhlak dapat mencakup ilmu lain seperti ilmu jiwa, ilmu logika, ilmu estetika, ilmu sosiologi. Semua ilmu tersebut mempunyi fungsi yang sama yaitu mengatur anatar hal baik dengan hal buruk, dan dengan akhlak kita dapat memilih memilih antara baik atau buruk.
Ruang lingkup ilmu akhlak pertama, perasaan akhlak yaitu perasaan bagaimana orang tersebut tahu perilaku itu berakhlak atau tidak. Kedua motivasi akhlak yaitu kekuatan yang menjadi sumber akhlak. Ketiga ukuran dan tujuan akhlak buruk yaitu alat untuk mengukur baik atau buruk lebih tepatnya faktor yang datang dari luar diri manusia.
Peranan akhlak dalam dunia modern sangat penting bila diterapkan  dan mendesak serta relavan, karena masyarakat indonesia sangat pluralis sehingga ketatanan normatif pun  yang hilang sehingga akan sulit membedakan antara baik dan buruk.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan sob, awali dengan do'a :)

 
Support : Creating Website | JohnyTemplate | Mas Template
Copyright © 2011. Muhammad A. K. A - All Rights Reserved