Home » » Sumber-Sumber Ajaran Dasar Agama Islam

Sumber-Sumber Ajaran Dasar Agama Islam

Unknown | 9:35:00 PM | 0 komentar


Al-Qur’an adalah kalamullah yang mu’jiz, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, melalui malaikat Jibril dengan lafadz Arab, yang ditulis dalam mashahif, yang membacanya sebagai suatu ibadah, dan diriwayatkan secara mutawatir. Al-Qur’an memiliki kandungan yang berupa dasar-dasar lengkap, seperti: sistem perekonomian, politik, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan lainya. Al-Qur’an memiliki keaslian yang terjaga untuk melihat keaslian tersebut dapat digunakan berbagai cara, melalui sifat dan ciri al-Qur’an itu sendiri selain itu kata-kat yang digunakan selalu habis dibagi 19. Al-Qur’an adalah landasan bagi syariat Islam, dan pengumpul segala hukumnya. Dengan demikian al-Qur’an menempati kedudukan paling tinggi sebagai dasar  pokok.
Selain al-Qur’an  sumber  ajaran dasar agama Islam adalah Sunnah  dan Hadist, Sunnah adalah segala perbuatan baik  yang  dicontohkan oleh Nabi Muhammaad, sedangkan hadist  adalah riwayat-riwayat  Nabi Muhammad setelah beliau diangkat menjadi Rosul.  Sunnah mempunyai fungsi sebagai penjelasan terhadap al-Qur’an

Adapula Ijtihad yang mempunyai segala kemampuan dan kekuatan.para ulama berbeda pendapat dalam  menentukan syarat-syarat ijtihad sebagai mujtahid. Mujtahid adalah orang yang mampu melakukan ijtihad dengan cara mengeluarkan hukum dari hukum syariat. Syarat-syarat mujtahid adalah:
1.      Mukalaf , karena hanya mukalaf yang dapat melakukan penetapan  hukum
2.      Mengetahui makna-makna lafadz dan rahasianya.
3.      Menetahui keadaaan mukhatab yang merupakan sebab pertama terjadinya perintah atau larangan.
4.      Mengetahui keadaan lafadz apakah memiliki qarinah apa tidak.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan sob, awali dengan do'a :)

 
Support : Creating Website | JohnyTemplate | Mas Template
Copyright © 2011. Muhammad A. K. A - All Rights Reserved